Friday, December 16, 2011

PEMANFAATAN BIOGAS SAPI UNTUK PENGGANTI LISTRIK DAN LPG RUMAH TANGGA YANG EKONOMIS DAN PRAKTIS

Semangat Berjumpa Sapiers Mania,

Tadi pagi dapat telpon dari Mantri keswan agar datang di acara presentasi dan sosialisasi pemanfaatan limbah kotoran sapi utk dijadikan biogas di Pendopo Kecamatan yg diadakan oleh Dinas Peternakan dan Dinas Perindustrian yg bekerjasama dengan sebuah PT pembuat reaktor Biogas tsb beserta perlengkapannya.

Berhubung tidak bisa hadir terpaksa mantan pacar utk mewakilinya. Ternyata yang hadir di Pendopo Kecamatan tsb hanyalah para kepala desa, pamong desa dan petugas Kecamatan saja dan tidak ada satupun peternak kecuali wakil saya. Setelah mendapatkan pencerahan, penggunaan dan pemanfaatan Limbah kotoran Ternak / Sapi utk Biogas, dilakukanlah Praktek penggunaan dgn Biodegester yg sangat sederhana banget tsb. Kenapa saya bilang sederhana ? Karena biodegester / reaktornya terbuat hanya dengan memanfaatkan 6 Drum Plastik warna biru yg besar juga Pipa2 serta kompor Gas saja. Begitu selesai pemaparan dan penggunaan reaktor tsb
Yg katanya bisa dipakai utk dihidupkan selama 1-1/2 Jam terus menerus tanpa henti.
Info lainnya dengan penggunaan Kotoran ternak tsb dimana masing2 drum hanya di isi setengahnya saja di dlm 6 Drum tsb bisa dipakai / bertahan utk pemakaian selama 2 bulan dan setelahnya hrs diganti dgn tlethong / Limbah Kotoran ternak yg baru. Sedangkan kotoran lamanya dipakai untuk Pupuk tanaman siiap pakai.

Pada Akhir acara tsb ternyata reaktor Biogas lengkap dengan peralatan kompornya diserahkan kepada wakil saya secara cuma2, dimana reaktor biogas tsb dipakai sebagai Proyek Percontohan di wilayah Kecamatan kami.
Alhamdulillah, Ternyata tadi siang kami mendapatkan rejeki nomplok berupa reaktor Biogas komplit dengan kompornya yg ready for use.

Demikian sekilas berita dari Kandang, Ternyata Mantri Keswan saya yg kadang2 jengkelke tsb masih ada berbaik hati menunjuk Kandang Kami utk menerima Project Percontohan Biogas tsb. Terimakasih Pak Mantri Keswan

No comments: