Tuesday, March 24, 2009

Meningkatkan Mutu Jerami

Jerami merupakan salah satu bahan pakan ternak yang kurang bermutu. Zat-zat yang terkandung didalamnya seperti selulosa yang sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh sapi terselubung oleh dinding yang keras, yakni silica dan lignin. Sehingga selulosa sulit ditembusi oleh getah pencernaan ternak sapi (A.S Sudarmono dan Y. Bambang Sugeng, Sapi Potong hal. 103). Berikut beberapa cara yang bisa Bapak pilih, dan diuji efektifitasnya:

a). Jerami dengan urea
Jerami bisa dalam keadaan kering atau basah (segar). Untuk jerami kering, urea yang digunakan harus dilarutkan ke dalam air terlebih dahulu. Setiap 100kg jerami kering dibutuhkan 100 liter air sebagai pelarut urea. Kebutuhan urea untuk jerami basah adalah 10% dari berat jerami kering. Jerami basah 500 kg = 125 jerami kering, dibutuhkan urea sebanyak 125x10/100= 12.5 kg. Cara pembuatan: jerami ditebarkan kurang lebih 10 cm, lalu ditebarkan urea yang sudah dilarutkan sedikit demi sedikit. Setelah itu buat lapisan jerami lagi diatasnya dan lakukan hal yang sama.

b). Jerami kering dengan tetes tebu
Jerami olahan dibuat dengan cara difermentasikan selama 24 jam, yaitu jerami dipotong-potong kemudian dicampur air dan tetes dengan perbandingan 2:1.

c). Jerami kering dengan larutan NaOH teknis
Jerami 1 kg disiram secara merata dengan 1 liter larutan NaOH teknis. Satu liter larutan NaOh teknis terdiri dari 30 gram NaOH teknis dan 1 liter air. Penyiraman ini bertujuan untuk melarutkan silica yang terdapat pada jerami sehingga bisa meningkatkan daya cerna jerami.

d). Dengan VITERNA Plus.
Pakan yang baik untuk sapi adalah yang dapat memenuhi protein, karbohidrat, lemak,vitamin, dan mineral. Protein berfungsi untuk mengganti sel-sel yang telah rusak, membentuk sel-sel tubuh baru dan sumber energi. Karbohidrat berfungsi untuk sebagai sumer energi dan pembentukan lemak tubuh. Lemak berfungsi untuk pembawa vitamin A,D,E,K dan juga sebagai sumber energi. Dst.

-Viterna Plus sudah mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh sapi, sehingga apapun yang dimakan, nutrisi sudah tersedia di Viterna Plus.

-Pencampuran dengan urea hanya untuk menambah unsur N, sedangkan sapi butuh zat-zat atau unsur yang lain, Jadi penambahan urea hanya menambah sedikit mutu.

-Fermentasi bertujuan untuk membantu meningkatkan daya cerna jerami dari 30% menjadi lebih besar lagi (tapi, tidak tahu seberapa besar), sedangkan kandungan nutrisinya tetap belum lengkap.

-Viterna Plus membantu enzyme pencernaan sapi sehingga jerami, tanpa perlakuan apapun, tetap bisa dicerna dengan baik. Bukan lagi 30% yang bisa dicerna, tetapi mendekati 100%.
-Viterna Plus bisa diberikan lewat minuman, komboran, dll. Tidak Repot kan??
Pilih lah cara yang Terbaik! Janganlah Percaya kami sebelum Bapak membuktikan sendiri!!! Jika ingin belajar dari Peternak SUKSES yang menggunakan produk-produk kami. Silahkan kunjungi website kami www.agrokomplek. com Sedangkan Acara ‘Study Banding 3’ akan diselenggarakan hari Sabtu, tgl 28 Maret 2009. Info detailnya silahkan lihat di website tersebut.

Untuk Pesan Viterna bisa menghubungi:
Bpk. Jazuli: 081 392 261 475 / 08122718871 / 0274 7430964
Bpk. Widodo: 081 215 789 61

Sumber: Akhmad Jazuli

No comments: